Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Koto Alam Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota - Informasi Nagari adalah Hak Masyarakat | AWASI! Pembangunan Nagari

Artikel

Cegah Kriminalitas Warga Nagari Koto Alam Aktifkan Ronda Malam

01 Mei 2023 09:52:35  Administrator  83 Kali Dibaca  Berita Lokal

Himbauan Pentingnya Pelaksanaan Ronda Malam

Lingkungan masyarakat kecil di tingkat Nagari Koto Alam ini memerlukan  sistem keamanan lingkungan yang di singkat Siskamling sebagai salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat di Nagari.

Dalam rangka mengamankan lingkungan masyarakat dari gangguan kamtibmas seperti, Pencurian,  Curanmor dan gangguan kamtibmas lainnya, maka Pemerintahan Nagari menghimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan kegiatan Siskamling dengan melaksanakan Ronda Malam.

Di kesempatan lain, Bhabinkamtibmas beserta Babinsa mengajak kepada warga masyarakat untuk bekerjasama bahu membahu menjaga keamanan dan ketertiban untuk kenyamanan dan keamanan kehidupan bermasyarakat. “Jangan kita takut untuk menjaga Nagari kita ini dari mereka yang dengan sengaja ingin mengganggu ketentraman dan kenyamanan kita, Seperti pencurian yang sering terjadi akhir-akhir ini, Inti dari semua itu adalah kebersamaan, “.

Ronda adalah berjalan keliling atau patroli untuk menjaga keamanan di Nagari Koto Alam baik dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor. Dalam ronda biasanya terbagi dalam beberapa kelompok untuk berpatroli menyebar di setiap jalan dan di setiap jorong mengadakan Ronda Malam dan Berpatroli di Jorong Masing-Masing.

Manfaat dari pelaksanaan ronda itu sendiri sangatlah banyak yang diantara pokok intinya adalah, Menjaga keamanan dari segala macam tindak kriminal, Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya gangguan keamanan masyarakat dan musibah ataupun bencana alam, Sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat dan Meningkatkan rasa kebersamaan antar warga dalam suatu jorong.

Pelaksanaan Siskamling di Nagari Koto Alam ini merupakan ide gagasan masyarakat Nagari Koto Alam bersama pemerintahan Nagari Koto Alam dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang tentunya hal ini dapat memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas.

Kesadaran semua elemen masyarakat Nagari Koto Alam sangat di butuhkan dalam berpartisipasi di bidang keamanan dan ketertiban sehingga bisa terlaksananya kegiatan ronda ini dengan efektif, karena ini merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna untuk menumbuhkembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap warga masyarakat dalam mewujudkan kemanan dan ketertiban di setiap lingkungan Jorong masing-masing.

Siskamling juga merupakan salah satu model polisi masyarakat dalam memberikan retribusi komunikasi serta informasi secara external dari dan untuk masyarakat merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Siskamling juga merupakan bentuk-bentuk pam swakarsa yang merupakan suatu komponen yang saling bergantung dan berhubungan, saling mempengaruhi untuk mendapatkan hasil adanya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan rasa aman dan ketertiban masyarakat dalam upaya mendukung terwujudnya masyarakat madani yang adil, makmur dan beradab berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Menumbuhkembangkan sikap mental serta meningkatkan kepekaan masyarakat dan daya tanggap setiap warga masyarakat di Nagari Koto Alam dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungannya masing-masing dan terwujudnya kesadaran warga masyarakat di lingkungan Nagari Koto Alam adalah merupakan tujuan utama yang ingin dicapai oleh pemerintah nagari Koto Alam

Semoga dengan adanya kegiatan ronda ini nanti bisa mencegah terjadinya gangguan keamanan yang terjadi di wilayah Kenegarian Koto Alam yang merupakan wilayah Jalan lintas Sumbar-Riau yang sangat rentan terjadinya gangguan Kamtibmas.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Peta Desa

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

01 Mei 2023 | 83 Kali
Cegah Kriminalitas Warga Nagari Koto Alam Aktifkan Ronda Malam
20 Maret 2023 | 63 Kali
Profil Masyarakat Desa
20 Maret 2023 | 54 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
20 Maret 2023 | 73 Kali
Visi dan Misi
16 Maret 2023 | 91 Kali
Kontak Kami
16 Maret 2023 | 76 Kali
Pemerintahan Desa
16 Maret 2023 | 73 Kali
Pemerintah Desa
13 Februari 2023 | 108 Kali
Sejarah Nagari
16 Maret 2023 | 91 Kali
Kontak Kami
30 Juli 2013 | 83 Kali
Profil Desa
01 Mei 2023 | 83 Kali
Cegah Kriminalitas Warga Nagari Koto Alam Aktifkan Ronda Malam
16 Maret 2023 | 76 Kali
Pemerintahan Desa
16 Maret 2023 | 73 Kali
Pemerintah Desa
20 Maret 2023 | 73 Kali
Visi dan Misi
20 Maret 2023 | 73 Kali
Visi dan Misi
20 Maret 2023 | 54 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
01 Mei 2014 | 46 Kali
LKMD
16 Maret 2023 | 73 Kali
Pemerintah Desa
01 Mei 2014 | 46 Kali
LinMas
21 April 2014 | 43 Kali
Keputusan Kepala Desa
22 April 2014 | 46 Kali
Pengaduan

Agenda

Sinergi Program

Kemendes PDTT

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Koto Alam
Nagari : Koto Alam
Kecamatan : Pangkalan Koto Baru
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26272
Telepon :
Email : kotoalam2005@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:7
    Kemarin:36
    Total Pengunjung:7.938
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.15.168.214
    Browser:Mozilla 5.0